Share This Article
– Dengan semakin meluasnya penyebaran COVID-19, masyarakat Indonesia membutuhkan lebih banyak solusi teknologi untuk kesehatan mental dan fisik agar tetap sehat
– Mitra jangka panjang Good Doctor, AXA Financial Indonesia (AFI), meluncurkan layanan kesehatan digital untuk karyawan dan nasabahnya, dan telah memperluas layanan ini untuk karyawan seluruh entitas AXA di Indonesia
– Good Doctor Technology Indonesia berencana berkolaborasi dengan lebih banyak mitra korporasi untuk menyediakan program kesehatan berbasis aplikasi digital dengan layanan kesehatan dirancang khusus sesuai kebutuhan
Jakarta, 1 September 2021 – Terus mempromosikan pendekatan proaktif dan holistik dalam pengelolaan layanan kesehatan di Indonesia, Good Doctor Technology Indonesia (“Good Doctor”) bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan terdepan di berbagai industri dalam mengadopsi teknologi berbasis digital sebagai penunjang kesehatan dan kebugaran. Di tengah penyebaran kasus COVID-19 di tanah air, Good Doctor melihat adanya kebutuhan masyarakat untuk memprioritaskan kesehatan mereka lewat langkah-langkah preventif dan proaktif. Dengan merancang layanan kesehatan digital dalam aplikasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing mitra perusahaannya, sekaligus untuk meningkatkan relevansi layanan kesehatan digital di kalangan masyarakat Indonesia, Good Doctor terus bekerja mewujudkan “satu dokter untuk setiap keluarga” di Indonesia.
Salah satu program layanan kesehatan holistik yang dikelola oleh Good Doctor adalah “Super Warrior Wellness Program” untuk AXA Financial Indonesia (AFI), salah satu mitra jangka panjang Good Doctor di Indonesia. “Super Warrior Wellness Program” adalah fitur manajemen kebugaran dari Good Doctor yang mencakup berbagai instrumen pemeriksaan kesehatan fisik dan mental secara mandiri, yang dirancang untuk membantu pengguna yang membutuhkan dukungan tambahan untuk segera pulih dari gangguan fisik dan mental yang mereka alami, dan tetap sehat jasmani dan rohani. Solusi tersebut termasuk ketersediaan konsultasi dokter online serta berbagai layanan dari aspek kesehatan fisik seperti pengobatan untuk diabetes, gangguan kardiovaskular dan isu kesehatan terkait dengan polusi area, gangguan musculoskeletal, obesitas dan kecanduan alkohol serta rokok. Selain itu juga layanan dari aspek kesehatan mental, seperti pengelolaan stress, depresi, gangguan tidur, kurangnya rasa percaya diri dan kecemasan. Dengan diberlakukannya kebijakan kerja dari rumah atau work from home di perkantoran demi mencegah penyebaran COVID-19, kebutuhan untuk memprioritaskan kesehatan mental karyawan kini kian terasa di berbagai organisasi seiring dengan usaha setiap perusahaan dalam mengoptimalkan kesehatan karyawan1.
Dengan menggabungkan instrumen tersebut dengan program kesehatan yang khusus dibuat untuk menjawab kebutuhan penerima manfaat di masing-masing perusahaan mitra, Good Doctor berkomitmen untuk bekerja sama dengan lebih banyak lagi perusahaan di berbagai sektor industri dalam penyediaan layanan kesehatan berbasis digital terbaik dan terlengkap. Melalui kolaborasi-kolaborasi ini, Good Doctor berharap dapat memainkan perannya dalam mendukung kebangkitan ekonomi lokal lewat berbagai usaha untuk menguatkan aset paling berharga dari satu perusahaan, yaitu karyawan.
Dengan memanfaatkan teknologi kesehatan berbasis digital, Good Doctor dan AFI memberikan layanan kesehatan bagi karyawan dan juga nasabah melalui Wellnes Program.. Untuk karyawan AXA di Indonesia , layanan kesehatan ini dirancang sebagai solusi holistik Employee Assistance Program (EAP)dimana karyawan dapat menerima layanan prioritas keberbagai layanan kesehatan esensial seperti registrasi vaksinasi, cek kesehatan, dan kebutuhan kesehatan lainnya. Semua dukungan ini tersedia melalui “Super Warrior Wellness Program” yang bertujuan untuk meningkatkan perlindungan kesehatan karyawan dan mendukung usaha pemerintah dalam mencegah penyebaran COVID-19. Pada program ini Good Doctor juga mendukung penyelenggaraan program vaksinasi bagi karyawan, keluarga karyawan, dan tenaga pemasar AXA di Indonesia. Didukung oleh kemampuan teknologi Good Doctor, lebih dari 1.900 peserta berhasil mendapatkan vaksinasi dan menerima layanan medis penunjang vaksinasi, berupa konsultasi bebas biaya terkait permasalahan pasca vaksinasi dengan tim dokter Good Doctor.
Selain itu, Good Doctor juga berhasil menyelenggarakan program vaksinasi di berbagai kota dan mampu menyasar lebih dari 200.000 penerima vaksin. Good Doctor menyediakan akses layanan skrining pra-vaksinasi dan fitur registrasi yang mampu meminimalisir hingga 40% potensi keramaian di sentra vaksinasi serta resiko penerima vaksin ditolak karena tidak memenuhi syarat vaksinasi.
Managing Director Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana, mengatakan: “Kami percaya bahwa dengan memberikan solusi kesehatan digital untuk banyak orang, kami dapat meningkatkan kualitas kehidupan mereka dan mendorong lebih banyak orang Indonesia untuk menjadi “super warrior” yang mengutamakan kesehatan mereka dengan mengambil langkah proaktif dan holistik. Kami telah melihat tingkat adopsi dan penggunaan sebesar lebih dari 60% seluruh grup pelanggan AXA, dengan ribuan telekonsultasi yang telah ditangani oleh dokter kami hanya dalam kurun waktu 4 bulan sejak “Super Warrior Wellness Program” diluncurkan. Lewat kolaborasi bersama perusahaan dengan visi sama yang memahami kebutuhan kesehatan nasabah mereka dengan baik, kami menyambut dengan baik kesempatan untuk menciptakan dampak yang lebih besar, dengan menyesuaikan program kesehatan kami untuk memenuhi kebutuhan mereka.”
Sebagai bagian dari strategi Payor to Partner, kerja sama AFI dengan Good Doctor bertujuan untuk mendukung manajemen kesehatan holistik bagi masyarakat Indonesia. Inisiatif ini sejalan dengan visi AXA untuk memberdayakan masyarakat agar memiliki kehidupan yang lebih baik, serta bertindak untuk kemajuan insan manusia dengan melindungi hal terpenting bagi mereka. Melalui kerjasama ini, AFI berupaya memberikan nilai tambah bagi karyawan dan nasabahnya dengan memberikan layanan kesehatan digital yang sangat relevan dengan kondisi saat ini. AFI berkomitmen untuk selalu menjadi mitra perlindungan bagi nasabah dalam kondisi apa pun di setiap tahapan kehidupan. Bersama dengan Good Doctor, AFI telah meluncurkan serangkaian inisiatif edukasi untuk meningkatkan adopsi fasilitas manajemen kesehatan terutama di saat kondisi COVID-19 masih menyebar di Indonesia .
Dengan akses ke fasilitas manajemen kesehatan digital Good Doctor, nasabah AFI memiliki akses ke portal kesehatan medis sebagai pelengkap manfaat polis, seperti fasilitas telekonsultasi dokter umum bebas biaya dan promosi program tematik yang sesuai dengan kebutuhan nasabah. Sebagai perusahaan pertama yang mengadopsi fasilitas manajemen kesehatan digital Good Doctor, program kesehatan ini membuat AXA Financial Indonesia dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan karyawan serta melengkapi manfaat perlindungan nasabah, sehingga mampu memaksimalkan solusi layanan kesehatan berbasis teknologi.
Presiden Direktur AXA Financial Indonesia, Niharika Yadav, mengatakan: “Di AXA, kami berkomitmen untuk selalu mengutamakan kesehatan dan kesejahteraan karyawan dan nasabah, dan kami percaya bahwa melakukan pencegahan dalam manajemen kesehatan akan lebih memberikan manfaat berkelanjutan untuk jangka panjang. Didukung oleh keahlian dan inovasi teknologi di bidang kesehatan digital dari Good Doctor, kami dapat memberikan layanan kesehatan dan kesejahteraan yang komprehensif kepada karyawan dan nasabah. Ini adalah bukti nyata dari implementasi tujuan perusahaan dalam bertindak untuk kemajuan insan manusia dengan melindungi hal terpenting bagi mereka. Dengan total 3.000 pengguna , kami berharap dapat melengkapi proposisi untuk mendukung lebih banyak masyarakat Indonesia dalam menjaga kesehatan diri melalui teknologi telekonsultasi dan kesehatan berbasis digital.”
Good Doctor sebagai penyedia teknologi pada “Super Warrior Wellness Program ”, juga menyediakan insight berbasis data dan analisa perilaku pengguna fasilitas dari AXA Financial Indonesia, yang dapat memperdalam pemahaman kondisi kesehatan pengguna. Dengan penyediaan insight ini, Good Doctor juga dapat memberikan solusi sesuai kebutuhan AXA Financial Indonesia, dan terus memperbarui program untuk memastikan fitur kesehatan dan kebugaran yang sesuai kebutuhan dapat diakses hanya melalui jari mereka.
Tentang Good Doctor Technology Indonesia
Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) adalah penyedia layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi yang memiliki visi ‘Satu Dokter untuk Setiap Keluarga di Indonesia’. Good Doctor bekerja sama dengan Grab untuk menyediakan layanan telemedis terpadu, yaitu GrabHealth powered by Good Doctor dengan misi memberikan akses akan layanan kesehatan berkualitas untuk para pengguna di Indonesia. Dengan didukung oleh lebih dari 10.000 dokter siaga di 70 kota dan 2.000 apotek resmi terpercaya, Good Doctor siap untuk menjawab kebutuhan kesehatan masyarakat. Good Doctor adalah mitra resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam usaha percepatan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia sejak tahun 2020 lalu. Setelah sukses bermitra dengan Grab
Indonesia dalam menghadirkan solusi layanan kesehatan, Good Doctor meluncurkan aplikasinya pada Maret 2021 sebagai wujud komitmen berkelanjutan untuk memajukan layanan kesehatan berbasis aplikasi dan membangun ekosistem digital di bidang kesehatan. Layanan Good Doctor memberikan solusi perawatan kesehatan 24 jam yang lengkap melalui fitur Konsultasi Medis, layanan e-commerce Obat dan Produk Kesehatan untuk pembelian dan pengiriman mitra dengan lebih dari 2.000 apotek, serta Appointment Booking, yang telah bekerjasama dengan lebih dari 1.000 rumah sakit, klinik, dan laboratorium, dan Artikel Kesehatan, konten tentang kesehatan, tip, dan gaya hidup yang dikurasi oleh tim dokter. Sebagai platform penyedia layanan kesehatan online terkemuka, Good Doctor memiliki lebih dari 600 spesialis medis dalam platformnya dari 26 departemen spesialisasi klinis yang berbeda, serta ribuan dokter umum.
Good Doctor juga telah meluncurkan aplikasi Good Doctor yang dapat diunduh secara gratis di Google PlayStore maupun iOS App Store. Kunjungi kami di www.gooddoctor.co.id.
Kontak Media:
Tim Media Relation GDTI: media@gooddoctor.co.id
Prasanti Dhewi, Revi Renita
Weber Shandwick Indonesia for Good Doctor
ws.gooddoctor@webershandwick.com
TENTANG AXA FINANCIAL INDONESIA
PT AXA Financial Indonesia merupakan bagian dari AXA Group, perusahaan asuransi dan manajemen aset terbesar di dunia berbasis di Paris, dengan 153,000 karyawan melayani lebih dari 105 juta nasabah di 54 negara. AXA di Indonesia menawarkan solusi perlindungan bagi perseorangan maupun korporasi dalam bentuk asuransi jiwa dan asuransi umum melalui jalur multidistribusi yaitu bancassurance, keagenan, broker, digital dan telemarketing serta manajemen aset. AXA telah diakui oleh Interbrand sebagai merek asuransi nomor satu di dunia selama sepuluh tahun berturut-turut (2009-2018).
PT AXA Financial Indonesia (AXA Financial Indonesia) merupakan perusahaan asuransi dengan fokus bisnis pada asuransi jiwa dan asuransi kesehatan konvensional dan syariah (Unit Syariah). AXA Financial Indonesia terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasarkan Surat Ijin Usaha No. 612 / KMK.017 / 1995 tanggal 22 Desember 1995 dan salinan Keputusan Menteri Keuangan No. KEP-237/KM.10/2009 tanggal 31 Juli 2009 untuk ijin usaha unit Syariah. AXA Financial Indonesia berkantor pusat di Jakarta dengan 54 kantor pemasaran di seluruh Indonesia dan lebih dari 7,000 tenaga pemasar bersertifikat.
Tahun 2020, AXA Financial Indonesia telah memenangkan sejumlah penghargaan, antara lain Unit Link Terbaik 2020 – “Secure Money US$” PT AXA Financial Indonesia. Unit Link Awards 2020 dari Majalah Investor & Infovesta, Corporate Image Award 2020. The Best In Building and Managing Corporate Image, category: Life Insurance (Asset <10 Trillion) dari Majalah Marketing & Frontier Group, Most Innovative Top 20 Insurance Companies 2020 dari The Iconomics, Indonesia Financial Award 2020 (Millennials’ choice) – Brand Image, dari The Iconomics dan penghargaan bergengsi lainnya
INFORMASI LEBIH LANJUT
Corporate Communication:
Nadya Putrianty Ariesty
Nadya.ariesty@axa-financial.co.id
Siaran pers Good Doctor x AFI dan materi pendukung lainnya dapat diakses di https://bit.ly/MateriMediaGDAXA