Share This Article
- Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) berkomitmen untuk mencapai visinya dalam menyediakan Satu Dokter untuk Setiap Keluarga di Indonesia dengan memperkuat penawarannya untuk kemitraan Business-To-Business (B2B).
- Dalam kemitraan itu, Good Doctor akan menerapkan Tata Laksana Kesehatan Populasi (Population Health Management) untuk mengidentifikasi kebutuhan kesehatan mitra korporasinya sehingga dapat memberikan perawatan khusus yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka sekaligus mengatasi biaya kesehatan yang terus meningkat.
Jakarta, 16 Januari 2023 – Sejak awal beroperasi, Good Doctor telah berkontribusi dalam menyediakan layanan kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat Indonesia. Komitmen Good Doctor sejalan dengan fokus Kementerian Kesehatan tahun 2023 untuk meningkatkan kualitas
pelayanan kesehatan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi kesehatan sebagai prioritas keenam Transformasi Kesehatan 2024. Upaya ini tidak sia-sia karena hasil survei terhadap masyarakat yang melakukan telekonsultasi pada aplikasi Good Doctor selama kuartal ketiga tahun
2022 menunjukkan nilai NPS di atas 50. Nilai tersebut juga menunjukkan bahwa NPS Good Doctor tetap lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata NPS industri perawatan kesehatan sebesar 38. Nilai ini menunjukkan loyalitas konsumen serta kesediaan mereka untuk merekomendasikan Good Doctor kepada teman atau koleganya.
Managing Director PT Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana, mengatakan, “Kami berterima kasih atas loyalitas konsumen terhadap Good Doctor. Tingkat kepuasan konsumen yang tinggi terhadap kami memotivasi kami untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat di tahun 2023 ini. Semakin banyak masyarakat yang dapat mengakses layanan kesehatan berkualitas dari Good Doctor menunjukkan bahwa sebagai bisnis kami telah menjalankan tanggung
jawab untuk mengatasi masalah kesehatan sekaligus meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia.”
Walaupun telah bermitra dengan ratusan perusahaan, Good Doctor menyadari bahwa kemitraan Business-To-Business (B2B) harus terus diperluas dan diperkuat untuk menggerakkan perekonomian nasional. Semakin berkembang suatu bisnis akan semakin banyak menyerap tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran, kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Karyawan merupakan aset perusahaan yang sangat berharga. Survei dari Non-profit Health Enhancement Research Organization (HERO) menunjukkan bahwa lebih dari 90% pemilik bisnis menyatakan bahwa kesehatan karyawan dapat memengaruhi produktivitas dan kinerja karyawan. Dengan demikian, penting bagi pengusaha untuk selalu memastikan kesehatan para karyawannya. Karyawan yang produktif akan mengerjakan tanggung jawab mereka dalam waktu lebih singkat sehingga mengurangi biaya operasional perusahaan dan meningkatkan profit. Sejalan dengan hal tersebut, pada 2023 ini Good Doctor berfokus untuk memperluas dan memperkuat kemitraan B2B dengan menawarkan Population Health Management (PHM).
Good Doctor tidak hanya menawarkan PHM kepada mitra bisnisnya, tetapi juga melaksanakan tanggung jawabnya terhadap kesehatan karyawannya sendiri dengan menerapkan PHM. Implementasi PHM di lingkungan kerja Good Doctor diawali dengan program medical check-up untuk para karyawan. Setelah karyawan melakukan medical check-up, tim dokter Good Doctor menganalisis hasil medical check-up itu dan memberikan saran kepada setiap karyawan. Kemudian, dibuat program kesehatan khusus yang disesuaikan dengan hasil medical check-up setiap karyawan seperti pola makan dan olahraga. Jika diperlukan, tim dokter akan merekomendasikan tindakan kuratif preventif untuk mencegah penyakit semakin parah. Kondisi karyawan terus dipantau sekaligus mendorong karyawan untuk mampu mengelola kesehatannya sendiri.
Dengan melakukan medical check-up, kita dapat mengetahui kondisi kesehatan tubuh kita sehingga jika ada masalah dapat segera ditangani sebelum penyakit semakin parah yang mengakibatkan biaya pengobatan jauh lebih besar. Survei Tren Medis Global 2023 oleh Willis Towers Watson (WTW) menunjukkan biaya kesehatan tahun 2023 di Asia Pasifik melonjak hingga 10,2% serta menggarisbawahi penyebab meningkatnya biaya kesehatan adalah akibat kurangnya penggunaan layanan pencegahan dan kebiasaan kesehatan yang buruk. Sebanyak 50% perusahaan asuransi
menyebutkan bahwa layanan pencegahan yang kurang digunakan merupakan faktor signifikan yang memengaruhi biaya medis, naik dari 34% pada tahun 2021 dan 38% pada tahun 2022. Sementara itu, lebih dari separuh responden (52%) menyebutkan kebiasaan buruk nasabah asuransi sebagai faktor utama yang memengaruhi biaya pengobatan, naik 35% dari tahun sebelumnya. Kenaikan ini mungkin mencerminkan dampak dari gaya hidup sedentari nasabah asuransi karena meningkatnya kerja jarak jauh (work from home) dan, dalam beberapa kasus, adanya pembatasan kegiatan
masyarakat.
Selain medical check-up, banyak program lain yang ditawarkan Good Doctor untuk meningkatkan kesehatan karyawan baik secara fisik maupun mental sehingga kinerja karyawan meningkat yang pada akhirnya mendukung kinerja perusahaan dan mempertahankan talenta terbaik. Program-program kesehatan itu adalah kesehatan mental, penurunan berat badan, pencegahan diabetes dan penyakit kronis lainnya yang disebabkan gaya hidup tidak sehat serta berbagai program kesehatan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan mitra.
Dikutip dari doereninsurance.com, perusahaan perlu menyediakan layanan telemedicine karena telemedicine dapat menghasilkan tenaga kerja yang lebih sehat dan produktif. Karyawan tidak perlu mengambil cuti dari pekerjaan untuk mengunjungi dokter mereka, sambil tetap mendapatkan
perawatan yang mereka butuhkan. Layanan telemedicine juga mengurangi biaya perawatan kesehatan preventif untuk Anda dan karyawan Anda. Biaya perawatan kesehatan umum terus meningkat, menyebabkan banyak orang melewatkan janji temu perawatan rutin mereka untuk menghemat uang. Tanpa perawatan preventif, karyawan lebih rentan terhadap kondisi kronis yang memerlukan perawatan bedah dan/atau khusus yang lebih canggih dan mahal. Sejalan dengan ini, survei global yang dilakukan oleh WTW setiap tahun antara Juli dan September menyatakan bahwa enam dari 10 perusahaan asuransi secara global menyatakan telehealth sebagai pendekatan yang efektif untuk mengelola biaya.
Upaya Good Doctor untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada konsumennya tidak hanya berupa rancangan program-program kesehatan yang dapat memenuhi kebutuhan kesehatan setiap mitra korporasinya, tetapi juga Good Doctor senantiasa menjunjung tinggi standar medis dan standar industri tertinggi dalam menjalankan bisnisnya. Untuk memastikan standar medis tertinggi dalam operasinya, Good Doctor memiliki komite medis, menerapkan pengendalian mutu medis tiga
lapis dan pendidikan medis berkelanjutan untuk dokter mereka sebagai bagian dari upaya meminimalkan kesalahan diagnosis dalam operasi digitalnya. Sementara itu, untuk memastikan standar industri tertinggi dalam menjalankan bisnisnya, Good Doctor telah memperoleh sertifikat
PSEF dan ISO 27001 pada tahun 2022.
*************
Tentang Good Doctor Technology Indonesia
Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) adalah penyedia layanan kesehatan terpaduberbasis teknologi yang memiliki visi ‘Satu Dokter untuk Setiap Keluarga di Indonesia’. Good Doctor bekerja sama dengan Grab untuk menyediakan layanan telemedis terpadu, yaitu GrabHealth powered by Good Doctor dengan misi memberikan akses akan layanan kesehatan berkualitas untuk para pengguna di Indonesia. Dengan didukung oleh lebih dari 6.000 dokter terdaftar dan 4.000 apotek, rumah sakit, dan laboratorium kesehatan resmi terpercaya di lebih dari 100 kota di Indonesia, Good Doctor siap untuk menjawab kebutuhan kesehatan masyarakat. Good Doctor adalah mitra resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Informasi dan Komunikasi dalam usaha percepatan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia sejak Maret 2020 lalu. Setelah sukses bermitra dengan Grab Indonesia dalam menghadirkan solusi layanan kesehatan, Good Doctor meluncurkan aplikasinya pada Maret 2021 sebagai wujud komitmen berkelanjutan untuk memajukan layanan kesehatan berbasis aplikasi dan membangun ekosistem digital di bidang kesehatan. Layanan Good Doctor memberikan solusi perawatan kesehatan 24/7 yang lengkap melalui fitur Konsultasi Medis, layanan e-commerce Obat dan Produk Kesehatan untuk pembelian dan pengiriman mitra dengan lebih dari 4.000 apotek, rumah sakit, dan laboratorium kesehatan resmi, dan Artikel Kesehatan, konten tentang kesehatan, tip, dan gaya hidup yang dikurasi oleh tim dokter. Sebagai platform penyedia layanan kesehatan online terkemuka, Good Doctor memiliki ribuan spesialis medis dalam platformnya dengan lebih dari 26 departemen spesialisasi klinis yang berbeda, serta ribuan dokter umum. Good Doctor juga telah meluncurkan aplikasi Good Doctor yang dapat diunduh secara gratis di Google PlayStore maupun iOS App Store. Kunjungi kami di www.gooddoctor.co.id.
*********************
NPS adalah metrik kepuasan pelanggan yang diciptakan oleh Bain & Co yang digunakan secara global untuk membantu perusahaan mengukur dan mengelola loyalitas. Nilai NPS di atas 50 dianggap luar biasa.