Share This Article
Good Doctor dan iziklaim bekerja sama untuk memaksimalkan manfaat rawat jalan secara digital bagi peserta asuransi kesehatan dan korporasi.
● Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) mendukung komitmen iziklaim yang ingin meningkatkan pelayanan kepada para peserta asuransi kesehatan dan korporasi (Peserta) dengan memanfaatkan teknologi digital.
● Dengan kerja sama ini, layanan telemedisin Good Doctor berupa telekonsultasi dan pengantaran obat dapat diakses oleh para peserta yang memanfaatkan iziklaim untuk mempermudah klaim rawat jalan mereka.
● Inovasi teknologi dalam layanan kesehatan Good Doctor dan proses klaim asuransi melalui iziklaim menjawab kebutuhan peserta akan kemudahan, kepraktisan, dan kecepatan sekaligus sesuai dengan gaya hidup masa kini.
Jakarta, 5 September 2023 – Untuk mewujudkan visi “Satu Dokter untuk Setiap Keluarga di Indonesia”, Good Doctor terus memperluas kerja sama dengan berbagai pihak. Kali ini, Good Doctor menjalin kemitraan dengan iziklaim, perusahaan penyelenggara klaim berbasis web yang mempermudah proses klaim asuransi Kesehatan dan peserta korporasi. Kemitraan Business-To-Business (B2B) dengan perusahaan asuransi sangat penting karena bisnis ini merupakan payor terbesar kedua setelah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan).
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan penyedia layanan consumer insights Populix kepada 1.041 responden di beberapa pulau di Indonesia menunjukkan bahwa 73% responden menganggap memiliki asuransi kesehatan merupakan hal yang penting. Temuan dari survei yang dilakukan pada Januari 2023 ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia yang sudah memiliki asuransi, mayoritas memiliki asuransi kesehatan baik dengan pendanaan pribadi maupun benefit dari perusahaan. Survei yang dilakukan untuk mengetahui persepsi dan perilaku masyarakat Indonesia terhadap produk asuransi kesehatan dan jiwa ini juga menunjukkan bahwa layanan digital dan proses klaim yang cepat dan akurat menjadi pertimbangan responden dalam memilih asuransi.
Chief Operating Officer PT Good Doctor Technology Indonesia, Dieter Lynton Kurt Werwath, mengatakan, “Kami menghargai kepercayaan yang diberikan iziklaim untuk menyediakan layanan telemedisin bagi peserta asuransi kesehatan yang menggunakan sistem klaim berbasis web iziklaim . Kami yakin bahwa layanan kesehatan berbasis teknologi yang kami miliki dapat memaksimalkan manfaat rawat jalan peserta asuransi kesehatan karena mereka dapat melakukan lebih banyak konsultasi dengan dokter-dokter kami. Kolaborasi ini sekaligus menunjukkan bahwa inovasi teknologi dapat memenuhi keinginan peserta asuransi untuk memperoleh layanan kesehatan berkualitas dengan harga terjangkau melalui aplikasi Good Doctor sekaligus kemudahan mengklaim manfaat rawat jalan melalui web iziklaim.”
Untuk bisa memperoleh layanan telemedisin, peserta asuransi kesehatan via iziklaim hanya perlu menghubungkan kartu asuransi mereka dengan aplikasi Good Doctor. Setelah terhubung, peserta asuransi dapat melakukan telekonsultasi dengan dokter umum dan dokter spesialis kapan pun dan di mana pun sehingga tidak lagi ada hambatan bagi peserta untuk memperoleh layanan kesehatan. Jangan menunggu sakit baru melakukan telekonsultasi. Saat merasakan gejala, sebaiknya segera melakukan telekonsultasi sehingga peserta dapat memperoleh pengobatan yang tepat sebelum penyakit bertambah parah yang tentu menyebabkan biaya pengobatan menjadi lebih besar. Sakit parah berkepanjangan tidak hanya memengaruhi kehidupan orang itu, tetapi juga kehidupan orang-orang di sekitarnya. Telekonsultasi juga dapat dimanfaatkan untuk memperoleh gaya hidup sehat dari para ahli tepercaya yang sesuai dengan kebutuhan tiap peserta. Kenyamanan lain yang akan dirasakan peserta adalah menerima obat atau vitamin di tempat tinggal mereka dalam waktu sekitar satu jam setelah selesai telekonsultasi.
Chief Operating Officer iziklaim, Alan Makagiansar, “Kami selalu meningkatkan layanan kepada klien kami dengan melakukan inovasi teknologi. Dengan iziklaim , peserta dapat langsung mengklaim manfaat rawat jalan mereka dengan mudah dan cepat. Sistem klaim elektronik kami memampukan peserta dan petugas layanan kesehatan mengetahui limit rawat jalan peserta sehingga mereka tidak perlu lagi menghubungi pihak asuransi. Peningkatan layanan lain yang kami lakukan adalah kerja sama dengan Good Doctor sehingga para peserta asuransi dapat menikmati layanan telemedisin berupa telekonsultasi dan pengantaran obat yang dapat memaksimalkan manfaat rawat jalan mereka. Dengan kemitraan ini, peserta asuransi Kesehatan dapat memperoleh layanan kesehatan sekaligus mengklaim manfaat rawat jalan tanpa dibatasi waktu dan tempat.”
Kemitraan Good Doctor dan iziklaim juga dapat menghilangkan keengganan orang memiliki asuransi kesehatan dengan alasan premi yang mahal dan proses klaim asuransi yang rumit. Kini, ada perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi rawat jalan tersendiri. Asuransi kesehatan rawat jalan dengan premi terjangkau dapat menjadi pilihan bagi mereka yang ingin melindungi diri tetapi memiliki keterbatasan finansial. Apalagi apabila manfaat rawat jalan itu mencakup layanan telemedisin sehingga peserta asuransi dapat memaksimalkan manfaat rawat jalan mereka karena biaya telekonsultasi dan pengantaran obat lebih murah. Selain itu, peserta tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan menghemat energi untuk pulang pergi ke fasilitas kesehatan offline dan mengantre obat hanya untuk penyakit-penyakit ringan yang dapat ditangani telemedisin.
Proses klaim yang rumit dan melelahkan karena harus mengisi dan menyertakan berbagai dokumen kelengkapan serta menelepon pihak asuransi untuk menanyakan limit rawat jalan dipermudah dengan iziklaim yang akan menghubungkan peserta asuransi dengan layanan kesehatan. Sistem klaim elektronik berbasis web ini dapat melacak laporan transaksi klaim asuransi sehingga ketika peserta asuransi memanfaatkan asuransi rawat jalan, petugas layanan kesehatan tidak perlu lagi menghubungi perusahaan asuransi karena semuanya sudah terhubung melalui iziklaim.
Inovasi teknologi dalam layanan kesehatan dan proses klaim asuransi ini menambah fasilitas dalam asuransi kesehatan yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi pesertanya dan sesuai dengan gaya hidup masa kini.
Referensi
Andriani, Santi. (2023, Januari 4). Tenang berobat dengan asuransi kesehatan rawat jalan, ini tips memilihnya. Gooddoctor.co.id. https://www.gooddoctor.co.id/program-kesehatan-karyawan/asuransi-karyawan/asuransi-kesehatan-rawat-jalan/
Andriani, Santi. (2023, Januari 6). Klaim asuransi kesehatan, betulkah prosesnya sulit dan menyita waktu? Gooddoctor.co.id. https://www.gooddoctor.co.id/program-kesehatan-karyawan/asuransi-karyawan/klaim-asuransi-kesehatan/
Populix. (2023, Januari). Indonesia’s perceptions and attitude towards health & life insurance products. https://info.populix.co/report/indonesias-perceptions-and-attitude-towards-health-life-insurance-products/
Tentang Good Doctor Technology Indonesia
Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) adalah penyedia layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi yang memiliki visi ‘Satu Dokter untuk Setiap Keluarga di Indonesia’. Good Doctor bekerja sama dengan Grab untuk menyediakan layanan telemedis terpadu, yaitu GrabHealth powered by Good Doctor dengan misi memberikan akses akan layanan kesehatan berkualitas untuk para pengguna di Indonesia. Dengan didukung oleh lebih dari 6.000 dokter terdaftar dan 4.000 apotek, rumah sakit, dan laboratorium kesehatan resmi terpercaya di lebih dari 100 kota di Indonesia, Good Doctor siap untuk menjawab kebutuhan kesehatan masyarakat. Good Doctor adalah mitra resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam usaha percepatan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia sejak Maret 2020 lalu. Setelah sukses bermitra dengan Grab Indonesia dalam menghadirkan solusi layanan kesehatan, Good Doctor meluncurkan aplikasinya pada Maret 2021 sebagai wujud komitmen berkelanjutan untuk memajukan layanan kesehatan berbasis aplikasi dan membangun ekosistem digital di bidang kesehatan. Layanan Good Doctor memberikan solusi perawatan kesehatan 24/7 yang lengkap melalui fitur Konsultasi Medis, layanan e-commerce Obat dan Produk Kesehatan untuk pembelian dan pengiriman mitra dengan lebih dari 4.000 apotek, rumah sakit, dan laboratorium kesehatan resmi, dan Artikel Kesehatan, konten tentang kesehatan, tip, dan gaya hidup yang dikurasi oleh tim dokter. Sebagai platform penyedia layanan kesehatan online terkemuka, Good Doctor memiliki ribuan spesialis medis dalam platformnya dengan lebih dari 26 departemen spesialisasi klinis yang berbeda, serta ribuan dokter umum.
Good Doctor juga telah meluncurkan aplikasi Good Doctor yang dapat diunduh secara gratis di Google PlayStore maupun iOS App Store. Kunjungi kami di www.gooddoctor.co.id.
Tentang iziklaim
iziklaim adalah solusi klaim asuransi kesehatan berbasis web yang diluncurkan pada tahun 2015 dengan nama Medlinx izi yang kemudian di- rebranding pada tahun 2019 menjadi iziklaim. Dengan iziklaim, pengguna dengan mudah dapat melakukan transaksi klaim asuransi secara real time, melacak laporan transaksi klaim asuransi, melihat daftar kode diagnosa, mendapatkan bantuan dalam bentuk video panduan transaksi dan mendapatkan layanan customer care 24/7. iziklaim telah digunakan oleh 5.000 Rumah Sakit dan Klinik di Indonesia dan melayani jutaan transaksi klaim pertahunnya. Iziklaim sudah tersertifikasi ISO 27001 yang menjamin keamanan dan kerahasiaan data, serta telah terdaftar pada PSE Kominfo.
Iziklaim merupakan salah satu produk dari PT Medlinx Asia Teknologi yang pada awal berdirinya tahun 2009 menjadi bagian dari PT Sprint Asia Technology.
PT Medlinx Asia Teknologi telah meraih berbagai penghargaan, yaitu sebagai Innovation Partner of The Year dan Best Partner of The Year pada 2018 dari Kata.ai, Top 20 Startups Demo Day dalam program DSLaunchpad ULTRA 2021 dari Daily Social, Nominasi 43 Startups untuk mengikuti program business matchmaking & networking dari Hub.id, dan First winner Hackathon APAC Competition dari Ephesoft.
Kontak Media:
FORUM NGOBRAS | ayuliastanti2@gmail.com | 0822-25607961
Prasanti Dhewi | prasanti.dhewi@gooddoctor.co.id | 0822-99712737