Share This Article
- Dengan kerja sama ini, karyawan Lazada Logistics di Jakarta, Bandung, Bali, Cirebon, dan Cilegon akan memperoleh layanan medical check-up dari Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor).
- Kolaborasi ini menunjukkan kepercayaan berkelanjutan Lazada Logistics terhadap program-program Good Doctor untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan karyawan Lazada Logistics.
Jakarta, 13 Juni 2023 – Kesehatan karyawan menjadi faktor penentu kemajuan suatu bisnis. Survei Kesejahteraan Global 2022—2023 oleh konsultan bisnis global Aon bekerja sama dengan perusahaan riset pasar multinasional Ipsos menemukan bahwa semakin tinggi tingkat kesejahteraan yang diberikan perusahaan kepada karyawan semakin baik kehidupan kerja berkelanjutan karyawan di satu perusahaan, karyawan akan mampu beradaptasi dengan cepat mengerjakan tanggung jawabnya dan mempunyai rasa memiliki terhadap perusahaan.
Memperbaiki faktor-faktor yang meningkatkan kesejahteraan karyawan dapat meningkatkan kinerja perusahaan sebesar 11%—55%. Dalam survei yang dilakukan terhadap 1.100 perusahaan di 46 negara, termasuk Indonesia, sebanyak 90% perusahaan menyetujui bahwa investasi di bidang kesehatan merupakan strategi yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan.
Salah satu bentuk investasi kesehatan yang dapat dilakukan perusahaan adalah menyediakan program medical check-up untuk para karyawan. Dengan melakukan medical check-up, jika karyawan mengalami masalah kesehatan dapat segera ditangani sebelum penyakit semakin parah yang mengakibatkan biaya pengobatan jauh lebih besar. Hasil medical check-up juga dapat meningkatkan kesadaran karyawan untuk mulai menerapkan gaya hidup sehat. Untuk perusahaan, pemberian program medical check-up kepada karyawan dapat menekan biaya kesehatan, sehingga medical check-up sebagai tindakan pencegahan penyakit semakin penting dilakukan.
Unit bisnis logistik dari Lazada Indonesia, Lazada Logistics, menyadari bahwa dukungan penuh dari karyawan menjadi penopang utama pertumbuhan perusahaan. Karena itulah, memastikan kebutuhan kesehatan seluruh karyawan bisa terpenuhi menjadi salah satu prioritas dan mendorong perusahaan untuk menyediakan fasilitas medical check-up bagi seluruh karyawan.
“Kami memahami bahwa kesehatan karyawan menjadi salah satu hal yang membentuk lingkungan kerja yang kondusif. Karena itulah, layanan pengecekan kesehatan karyawan yang dilakukan melalui kolaborasi dengan Good Doctor menjadi inisiatif rutin di Lazada Logistics untuk memastikan para karyawan selalu terlindungi dan status kesehatan mereka bisa terus terjaga. Dengan demikian, seluruh karyawan dapat bekerja dengan tenang dan tetap produktif,” kata Philippe Auberger, Chief Logistics Officer Lazada Indonesia.
Melalui kerja sama ini, karyawan Lazada Logistics di Jakarta, Bandung, Bali, Cirebon, dan Cilegon akan memperoleh layanan medical check-up dari Good Doctor. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan fisik, mata, darah, urin, pengukuran dan perekaman aktivitas jantung (EKG), tes audiometri untuk menguji ketajaman pendengaran, serta tes spirometri untuk menilai kinerja paru-paru.
Chief Medical Officer, PT Good Doctor Technology Indonesia, dr. Adhiatma Gunawan, mengatakan, “Kami merasa terhormat karena Lazada terus memberikan kepercayaan kepada kami. Mulai dari program vaksinasi COVID-19 dari primer hingga booster untuk puluhan ribu Pahlawan Ekonomi Digital, program kesehatan mental karyawan, paket khusus layanan telemedicine tanpa batas untuk mitra kurir Lazada Logistics, dan sekarang Good Doctor dipercaya untuk menyediakan layanan medical check-up bagi para karyawan Lazada Logistics di beberapa kota. Setelah mereka melakukan medical check-up, tim dokter Good Doctor atau rumah sakit rekanan Good Doctor menganalisis hasil medical check-up itu dan memberikan saran kepada setiap orang yang sudah melakukan medical check-up. Jika diperlukan, tim dokter akan merekomendasikan tindakan kuratif preventif untuk mencegah penyakit semakin parah.”
Selain medical check-up, banyak program lain yang ditawarkan Good Doctor untuk meningkatkan kesehatan karyawan baik secara fisik maupun mental sehingga kinerja karyawan meningkat yang pada akhirnya mendukung kinerja perusahaan dan mempertahankan talenta terbaik. Program-program kesehatan itu adalah kesehatan mental, penurunan berat badan, pencegahan diabetes dan penyakit kronis lainnya yang disebabkan gaya hidup tidak sehat serta berbagai program kesehatan lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan mitra. Seluruh program kesehatan itu merupakan implementasi dari Tata Laksana Kesehatan Populasi (Population Health Management) yang ditawarkan Good Doctor untuk memperluas dan memperkuat kemitraan Business-To-Business (B2B). Melalui PHM, Good Doctor mengidentifikasi kebutuhan kesehatan mitra korporasinya sehingga dapat memberikan perawatan khusus yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka sekaligus mengatasi biaya kesehatan yang terus meningkat.
Ditulis Oleh : Lenny Situmeang, Prasanti Dewi
Tentang Good Doctor Technology Indonesia
Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) adalah penyedia layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi yang memiliki visi “Satu Dokter untuk Setiap Keluarga di Indonesia”. Good Doctor bekerja sama dengan Grab untuk menyediakan layanan telemedis terpadu, yaitu GrabHealth powered by Good Doctor dengan misi memberikan akses akan layanan kesehatan berkualitas untuk para pengguna di Indonesia. Dengan didukung oleh lebih dari 6.000 dokter terdaftar dan 4.000 apotek, rumah sakit, dan laboratorium kesehatan resmi tepercaya di lebih dari 100 kota di Indonesia, Good Doctor siap untuk menjawab kebutuhan kesehatan masyarakat. Good Doctor adalah mitra resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam usaha percepatan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia sejak Maret 2020 lalu. Good Doctor juga telah menerima penghargaan pemerintah (PPKM Award) atas kontribusinya dalam menangani COVID-19. Setelah sukses bermitra dengan Grab Indonesia dalam menghadirkan solusi layanan kesehatan, Good Doctor meluncurkan aplikasinya pada Maret 2021 sebagai wujud komitmen berkelanjutan untuk memajukan layanan kesehatan berbasis aplikasi dan membangun ekosistem digital di bidang kesehatan. Layanan Good Doctor memberikan solusi perawatan kesehatan 24/7 yang lengkap melalui fitur Konsultasi Medis, layanan e-commerce Obat dan Produk Kesehatan untuk pembelian dan pengiriman mitra dengan lebih dari 4.000 apotek, rumah sakit, dan laboratorium kesehatan resmi, dan Artikel Kesehatan, konten tentang kesehatan, tip, dan gaya hidup yang dikurasi oleh tim dokter. Sebagai platform penyedia layanan kesehatan online terkemuka, Good Doctor memiliki ribuan spesialis medis dalam platformnya dengan lebih dari 26 departemen spesialisasi klinis yang berbeda, serta ribuan dokter umum.
Good Doctor juga telah meluncurkan aplikasi Good Doctor yang dapat diunduh secara gratis di Google PlayStore maupun iOS App Store. Kunjungi kami di www.gooddoctor.co.id.
Tentang Lazada Logistics
Lazada Logistics, unit bisnis logistik dari Lazada Group, merupakan penyedia solusi terintegrasi dan tepercaya untuk brand dan penjual di Asia Tenggara. Sebagai pelopor logistik e-commerce, kami menawarkan kemudahan layanan menyeluruh untuk bisnis, dan menghubungkan mereka dengan pelanggan yang tersebar di Asia Tenggara, salah satu wilayah terpadat di dunia yang tersebar secara geografis. Selama dekade terakhir, jaringan logistik kami telah membentuk lanskap e-commerce.
Mulai dari pengambilan paket dari brand atau penjual (first-mile pick up), penyimpanan dan pengepakan, hingga pengantaran paket ke pelanggan, kami menangani setiap paket dengan hati-hati. Infrastruktur dan jaringan logistik kami yang andal mencakup lebih dari 400 fasilitas gudang, pusat penyortiran dan hub, dengan lebih dari 80% dari total pengantaran paket first-mile ditangani oleh fasilitas kami sendiri. Kami memanfaatkan data dan teknologi untuk menyediakan layanan seperti jaminan pengiriman, pelacakan real-time, serta logistik cross-border. Besarnya infrastruktur dan jaringan Lazada Logistics memungkinkan kami untuk menawarkan biaya yang lebih efisien kepada brand dan penjual, menjadikan mereka menjadi semakin kompetitif. Inovasi kami memberikan pengalaman belanja online berkualitas, memberikan kemudahan untuk semua.
(www.logistics.lazada.co.id)