Share This Article
- Dengan kerja sama ini, layanan telemedicine Good Doctor akan dapat diakses oleh para nasabah Asuransi MAG yang tinggal di kota besar dan daerah perdesaan.
- Meningkatkan akses layanan kesehatan berkualitas tinggi kepada masyarakat Indonesia merupakan fokus utama Asuransi MAG dan sejalan dengan visi Good Doctor untuk menyediakan “Satu Dokter untuk Setiap Keluarga di Indonesia”.
Jakarta, September 2022 – Good Doctor selalu mendukung perusahaan asuransi yang ingin melakukan transformasi digital. Dengan digitalisasi, perusahaan asuransi dapat memberikan nilai tambah kepada nasabahnya yang pada akhirnya menguntungkan perusahaan asuransi itu sendiri. Kali ini, Good Doctor bekerja sama dengan Asuransi MAG untuk produk Asuransi Kesehatan Magna Sehat (Magna Sehat) dalam meningkatkan layanan dan akses ke berbagai wilayah di Indonesia karena Good Doctor juga ingin agar semua lapisan masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas melalui telemedicine. Telemedicine merupakan pelayanan kesehatan yang dapat mengatasi hambatan berupa faktor geografis, biaya, dan waktu dengan hasil yang baik. Peningkatan akses ke telemedicine akan semakin mendekati perwujudan visi Good Doctor untuk menyediakan, “Satu Dokter untuk Setiap Keluarga di Indonesia”.
Managing Director PT Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana, mengatakan, “Kami percaya bahwa untuk dapat mewujudkan ekosistem kesehatan digital di Indonesia, kami harus memberikan value proposition yang baik kepada empat pemangku kepentingan, yaitu providers, patients, payors, dan pharmacies. Salah satu payor terbesar, selain BPJS Kesehatan, adalah perusahaan asuransi. Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan berbagai asuransi. Kerja sama dengan Asuransi MAG menambah daftar panjang asuransi yang sudah bekerja sama dengan kami. Dengan kerja sama ini, kami memberikan nilai tambah kepada Asuransi MAG untuk meningkatkan adopsi layanan kesehatan digital kepada nasabah mereka.”
Masyarakat sudah melihat dan merasakan sendiri manfaat telemedicine pada saat pandemi COVID-19. Survei yang dilakukan konsultan manajemen global McKinsey berdasarkan data yang dikumpulkan di Indonesia pada 16–26 Maret 2022 menunjukkan bahwa 60—85% masyarakat akan tetap menggunakan layanan digital, terutama untuk telemedicine. Dilansir dari laporan pialang asuransi dan penasihat risiko terkemuka di dunia, Marsh, mengenai asuransi dan tunjangan karyawan di Indonesia 2022, perusahaan di Indonesia semakin menuntut solusi kesehatan digital, khususnya telemedicine sebagai persyaratan utama dalam penawaran asuransi.
Head of Group Hospital Surgical Division Asuransi MAG, Muhammad Reza Putra, mengatakan, “Sebelum kolaborasi ini, nasabah kami tidak memiliki akses nontunai ke telemedicine. Kemitraan dengan Good Doctor akan menambah proposisi produk dan fitur Magna Sehat dengan ekosistem digital berkelanjutan yang saat ini sedang kami kembangkan. Kami memilih bermitra dengan Good Doctor karena Good Doctor berada di posisi netral dan merupakan salah satu dari 3 layanan telemedicine teratas yang bermitra dengan pemerintah selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dengan kemitraan ini, nasabah kami bisa mendapatkan layanan kesehatan terbaik dengan harga terjangkau jika dibandingkan dengan layanan sejenis pada masa pandemi ini.”
Transformasi kesehatan digital dalam asuransi, seperti telemedicine memang praktis, terjangkau, nyaman, tetapi tanpa mengurangi manfaat kesehatan yang akan diperoleh. Perbandingan antara berobat di rumah sakit offline dan menggunakan layanan telemedicine Good Doctor menunjukkan bahwa berobat di rumah sakit offline menghabiskan waktu 4—5 jam dengan risiko terpapar COVID-19 cukup tinggi, menguras energi, dan membutuhkan usaha tinggi. Sementara itu, dengan layanan Good Doctor hanya memerlukan waktu 40—45 menit karena konsultasi 24/7 di mana pun dan kapan pun, konsultasi secara daring mampu melindungi dokter dan pasien dari terpapar virus Corona atau virus dan penyakit menular lainnya, pengiriman obat secara instan (pasien hanya menunggu di rumah), transaksi dilakukan secara nontunai, dan rata-rata lima kali lebih murah sehingga menghemat limit rawat jalan.
Salah satu contoh nyata biaya pengobatan menggunakan telemedicine lebih murah dibandingkan dengan mengunjungi dokter secara offline dilihat dari studi kasus yang dilakukan oleh PT Good Doctor Technology Indonesia sepanjang tahun 2021 hingga saat ini yang menunjukkan 8 gejala paling umum yang dialami oleh karyawan yang melakukan sesi telemedicine. Dari 8 gejala itu, yang paling umum adalah nasofaringitis, infeksi saluran pernapasan atas, dan infeksi virus corona.
Tanpa layanan Good Doctor, mereka akan mengunjungi dokter secara offline dan menghabiskan manfaat rawat jalan mereka. Jika mereka berkunjung ke rumah sakit offline akan mengeluarkan biaya untuk dokter dan obat-obatan sekitar Rp 404.805, sedangkan jika mereka menggunakan jasa Good Doctor hanya mengeluarkan biaya Rp109.936. Diasumsikan manfaat rawat jalan mereka sekitar Rp2,5 juta per tahun maka mereka hanya bisa berobat ke rumah sakit offline sebanyak 6 kali dalam setahun, sedangkan dengan menggunakan layanan Good Doctor, mereka dapat melakukannya sebanyak 23 kali dalam setahun.
Kini, pada saat nasabah Asuransi MAG merasakan gejala, mereka dapat berkonsultasi dengan tim dokter Good Doctor baik dokter umum maupun dokter spesialis kapan pun dan di mana pun. Setelah telekonsultasi selesai, pasien menerima resep elektronik. Kemudian, obat langsung diantar ke rumah dalam waktu kurang dari satu jam. Berbeda dengan asuransi yang belum menyediakan layanan digital sehingga pasien harus menunggu mulai dari mendaftar, berkonsultasi dengan dokter hingga menerima obat di fasilitas kesehatan pertama atau klinik. Manfaat lain yang akan diperoleh nasabah Asuransi MAG baik pribadi maupun karyawan perusahaan adalah bisa menghubungkan kartu asuransi kesehatan mereka dengan aplikasi Good Doctor. Dengan demikian, seluruh nasabah Asuransi MAG akan mendapatkan manfaat yang optimal dalam melindungi kesehatan mereka dari layanan ini.
Memiliki asuransi kesehatan memang penting karena biaya kesehatan terus meningkat dari tahun ke tahun. Riset terbaru yang dilakukan firma konsultasi sumber daya manusia dan jasa keuangan global Mercer Marsh Benefits menunjukkan peningkatan biaya medis di Asia sebesar 3,5% (2020), 8,8% (2021), dan 10% (2022). Dengan memiliki asuransi kesehatan, apabila sewaktu-waktu membutuhkan perawatan serta pengobatan, asuransi yang akan memenuhi kebutuhan tersebut. Namun, pilih asuransi kesehatan yang sudah memiliki layanan digital karena digitalisasi memudahkan nasabah memperoleh layanan kesehatan berkualitas melalui telekonsultasi, menghemat manfaat rawat jalan, dan memudahkan proses klaim. Oleh karena itu, perusahaan asuransi yang ingin memberikan lebih banyak manfaat untuk nasabah mereka, dapat bermitra dengan penyedia layanan kesehatan berbasis teknologi seperti Good Doctor.
Tentang Good Doctor Technology Indonesia
Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) adalah penyedia layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi yang memiliki visi ‘Satu Dokter untuk Setiap Keluarga di Indonesia’. Good Doctor bekerja sama dengan Grab untuk menyediakan layanan telemedis terpadu, yaitu GrabHealth powered by Good Doctor dengan misi memberikan akses akan layanan kesehatan berkualitas untuk para pengguna di Indonesia. Dengan didukung oleh lebih dari 6.000 dokter terdaftar dan 4.000 apotek, rumah sakit, dan laboratorium kesehatan resmi terpercaya di lebih dari 100 kota di Indonesia, Good Doctor siap untuk menjawab kebutuhan kesehatan masyarakat. Good Doctor adalah mitra resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Informasi dan Komunikasi dalam usaha percepatan penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia sejak Maret 2020 lalu. Setelah sukses bermitra dengan Grab Indonesia dalam menghadirkan solusi layanan kesehatan, Good Doctor meluncurkan aplikasinya pada Maret 2021 sebagai wujud komitmen berkelanjutan untuk memajukan layanan kesehatan berbasis aplikasi dan membangun ekosistem digital di bidang kesehatan. Layanan Good Doctor memberikan solusi perawatan kesehatan 24/7 yang lengkap melalui fitur Konsultasi Medis, layanan e-commerce Obat dan Produk Kesehatan untuk pembelian dan pengiriman mitra dengan lebih dari 4.000 apotek, rumah sakit, dan laboratorium kesehatan resmi, dan Artikel Kesehatan, konten tentang kesehatan, tip, dan gaya hidup yang dikurasi oleh tim dokter. Sebagai platform penyedia layanan kesehatan online terkemuka, Good Doctor memiliki ribuan spesialis medis dalam platformnya dengan lebih dari 26 departemen spesialisasi klinis yang berbeda, serta ribuan dokter umum.
Good Doctor juga telah meluncurkan aplikasi Good Doctor yang dapat diunduh secara gratis di Google PlayStore maupun iOS App Store. Kunjungi kami diwww.gooddoctor.co.id.
Tentang PT Asuransi Multi Artha Guna Tbk (Asuransi MAG)
Berdiri sejak 14 November 1980, Asuransi MAG, selama lebih dari 41 tahun tidak pernah berhenti berinovasi menjawab kebutuhan nasabah akan perlindungan yang dibutuhkan. Beragam solusi produk sesuai dengan kebutuhan yang tepat dan bernilai tambah disediakan kepada nasabah Asuransi MAG dari berbagai kalangan. Asuransi MAG juga berkomitmen untuk memprioritaskan pada pengelolaan perusahaan yang baik dan bertanggung jawab dengan menjalankan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance). Pada Bulan Oktober 2016, Fairfax Financial Holdings Limited, perusahaan induk yang berbasis di Kanada dan terdaftar di Bursa Efek Toronto, melalui anak perusahaannya, Fairfax Asia Limited, telah mengambil alih 80% saham kepemilikan Asuransi MAG.
Untuk memberikan layanan terbaik kepada para nasabah dan mitra bisnis, saat ini Asuransi MAG memiliki berbagai saluran pemasaran, yaitu secara langsung (Direct Marketing), Agen Asuransi, Bancassurance, dan Badan Usaha Selain Bank, dengan 20 Kantor Cabang serta 17 Kantor Perwakilan yang tersebar di seluruh Indonesia. Asuransi MAG juga memiliki 1.000 jaringan direct provider, bekerja sama dengan Good Doctor untuk menyediakan layanan kesehatan telemedicine, Asuransi MAG juga memiliki 600 bengkel rekanan (umum dan authorized) secara nasional serta bengkel rekanan khusus Claim Service Point (CSP) di beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung, Balikpapan, Bekasi, Semarang, dan Tangerang. Selain itu, Asuransi MAG meningkatkan pengalaman nasabah untuk kecepatan proses survei klaim dengan Digital Survey.
Asuransi MAG telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Kunjungi website resmi Asuransi MAG di www.mag.co.id atau hubungi layanan Call Center Asuransi MAG di 150180 dan dapatkan beragam informasi.