FAQ Aplikasi
Mulai
Mulailah dengan mengunduh aplikasi Good Doctor kami. Prosesnya cepat dan Anda memerlukan nomor telepon Anda, dan jika Anda menggunakan GrabHealth, nomor tersebut akan disinkronkan secara otomatis!
Ubah data pribadi Anda dengan mengklik Edit pada Halaman Profil Anda di sudut kanan atas layar.
Tautkan asuransi Anda dengan mudah di aplikasi kami di bagian Asuransi dan Manfaat Perusahaan. Cukup ikuti petunjuk di layar untuk terhubung dan menikmati keuntungan Anda. Klik disini untuk Panduan Cara menghubungkan asuransi di dalam aplikasi atau ikuti langkah mudah berikut:
- Buka aplikasi Dokter Baik. Klik Corporate User.
- Daftarkan nomor ponsel Anda dan centang kotak di Terms & Conditions dan Privacy Policy, lalu klik Next.
- Masukkan OTP (One-Time Password) yang dikirim via WhatsApp/SMS, lalu klik Submit.
- Kemudian, klik pada Link Insurance.
- Masukkan nomor kartu asuransi Anda dan lengkapi semua informasi yang diperlukan, lalu klik Next.
- Selamat! Asuransi Anda telah berhasil ditautkan.
Anda sekarang dapat memulai konsultasi Anda dengan mengklik Continue to Homepage.
Menggunakan Layanan Kami
Konsultasi dengan dokter merupakan layanan konsultasi kesehatan online. Layanan ini memudahkan Anda bertanya kepada dokter tentang penyakit, kesehatan, pengobatan dan dunia medis. Anda dapat memilih cara berkomunikasi dengan dokter melalui fitur chat pribadi dokter. Di setiap profil dokter, Anda dapat melihat pengalaman dokter, spesialisasi, dan detail lebih lanjut. Dokter terdaftar di Good Doctor adalah dokter terpilih yang telah bersertifikat medis untuk melakukan praktik kedokteran di Indonesia.
Ketuk “Consultation” dan pilih GP (General Practitioner) Anda atau spesialis. Ini seperti memiliki dokter di saku Anda, siap kapan pun Anda membutuhkan nasihat, tetapi ingat, ini bukan untuk keadaan darurat.
Anda dapat melihat profil masing-masing dokter ketika ingin menjadwalkan konsultasi dengannya di aplikasi. Begini caranya:
- Buka Aplikasi Good Doctor, Pilih Chat with GP for a General Practitioner atau Choose Specialist for a Specialist Doctor, atau choose “Consultation” pada menu bawah.
- Silakan pilih dokter spesialis yang ingin Anda konsultasikan.
- Anda dapat memilih dokter yang tersedia pada kategori spesialis masing-masing.
- Anda dapat melihat profil dan ulasan dokter dengan mengklik gambar profil dokter.
Aplikasi Good Doctor secara otomatis akan mengarahkan Anda untuk membeli obat di apotek terdekat dengan lokasi Anda. Anda tidak perlu khawatir untuk memilih apotek di lokasi yang lebih jauh.
Klik “Chat Now” dengan profil dokter lain. Untuk berkonsultasi dengan dokter lain, harap selesaikan konsultasi Anda saat ini terlebih dahulu. Periksa daftar dokter yang tersedia dengan mengklik ‘Consult’ lalu klik ‘Chat Now’ di profil dokter mana pun.
Tidak. Kami mohon maaf, namun semua konsultasi Good Doctor dilakukan secara tatap muka dengan tim spesialis Telehealth kami. Jika kasus Anda memerlukan konsultasi dengan dokter lain, cukup pilih dokter lain dari daftar atau minta rujukan offline.
Jika Anda ingin meninjau percakapan Anda selama konsultasi, semua riwayat konsultasi dengan dokter Anda akan otomatis tersimpan di menu Activity.
Ya kamu bisa! Aplikasi Good Doctor mendukung banyak profil sehingga Anda dapat menjaga riwayat kesehatan Anda tetap aman setiap saat. Tambahkan pasangan Anda, anak-anak atau bahkan teman. Ingat, Anda perlu menghubungkan asuransi mereka secara terpisah jika ingin membayar menggunakan manfaatnya.
Anda dapat menambahkan profil tambahan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:
- Klik pada Profile page di pojok kanan bawah.
- Lalu klik pada Add New Profile.
- Isi dan lengkapi informasi pribadi untuk profil yang ingin Anda tambahkan.
- Jika data sudah benar dan lengkap, klik Save.
Semua konsultasi Good Doctor dilakukan di aplikasi kami oleh tim spesialis telehealth kami. Jika Anda atau dokter Anda merasa konsultasi offline diperlukan, kami dapat membantu merujuk Anda ke panel kami yang terdiri dari 4.000+ rumah sakit, klinik, dan laboratorium di seluruh Indonesia.
Saat ini kami tidak menyediakan layanan konsultasi dokter melalui video call. Konsultasi berbasis obrolan kami memungkinkan Anda berbagi foto dan gambar untuk membantu pakar Telehealth kami membuat diagnosis. Jika Anda atau dokter merasa memerlukan konsultasi fisik, kami dapat membantu Anda book an appointment di salah satu dari 4.000+ rumah sakit, klinik, dan laboratorium kami di seluruh Indonesia.
Tidak. Sayangnya, saat ini Anda tidak dapat menggunakan Good Doctor di luar Indonesia karena adanya batasan peraturan meskipun hal ini dapat berubah di masa mendatang. Pantau terus.
Surat rujukan untuk Perawatan Medis Offline
Bila diperlukan, dokter akan memberikan saran medis untuk menjalani pemeriksaan laboratorium dan/atau berkonsultasi dengan dokter spesialis offline pada saat konsultasi.
Setelahnya, Anda akan diberikan petunjuk mengenai pemesanan offline atau tes lab. Tim kami akan membantu Anda melalui chat WhatsApp selama proses pemesanan.
Buatlah Janji Medis
Membuat janji dengan dokter adalah layanan pembuatan janji konsultasi dengan dokter di rumah sakit yang terdaftar di Good Doctor. Layanan ini bertujuan untuk memudahkan dan menghemat waktu pasien dalam membuat janji konsultasi tanpa harus datang ke rumah sakit. Dengan menggunakan layanan Janji Temu Dokter, pasien dapat langsung mendatangi bagian administrasi poliklinik yang ditunjuk sesampainya di rumah sakit.
- Buka aplikasi Grab dan pilih Grab Health menu.
- Pilih Make menu Medical Appointment
- Pilih Hospital atau Clinic
- Pilihlah poliklinik sesuai dengan penyakit yang Anda keluhkan
- Pilihlah dokter sesuai keinginan Anda
- Pilih jadwal, waktu & jam dokter sesuai dengan yang tertera di aplikasi
- Masukkan data-data yang tertera seperti nama pasien, nomor ponsel, alamat email dan Nomor KTP
- Klik Continue
- Standby untuk konfirmasi dari Good Doctor mengenai janji temu yang telah dibuat
- Anda juga akan mendapatkan SMS atau WhatsApp rincian janji temu dengan dokter yang telah dikonfirmasi oleh pihak rumah sakit.
Pengguna cukup menunggu konfirmasi SMS/WhatsApp yang akan dikirimkan pada hari H oleh tim Good Doctor.
Saat membuat janji, Anda dapat menambahkan anggota keluarga yang ingin Anda konsultasikan dengan dokter di rumah sakit yang terdaftar di Good Doctor.
Setelah Anda membuat janji, tim Good Doctor akan mengkonfirmasinya di nomor yang terdaftar.
Anda tetap bisa membuat janji dengan dokter meskipun sudah memiliki nomor rekam medis sebelumnya.
Jaringan fasilitas kesehatan kami menerima semua metode pembayaran utama termasuk:
- Tunai
- Ditanggung oleh Perusahaan
- Dilindungi oleh Asuransi
- BPJS (Tergantung Rumah Sakit yang menerima BPJS)
Resep
Apakah dokter Anda memberi Anda resep? Tukarkan langsung melalui Health Mall kami, dan jelajahi beragam produk kesehatan, kecantikan, dan kebugaran. Ini seperti apotek di ujung jari Anda.
Setelah konsultasi Good Doctor Anda berakhir, Anda memiliki waktu 24 jam untuk menebus resep Anda.
Tidak. Kami mohon maaf, namun untuk saat ini, Anda tidak dapat menambahkan produk lain setelah melakukan pemesanan.
Ya. Anda dapat membeli obat di Health Mall dengan resep dokter yang diperoleh dari rumah sakit dengan cara langsung mencari nama obat pada resep pada kolom Pencarian. Perlu diketahui bahwa jika obat yang ingin Anda beli hanya dengan resep, Anda akan diminta untuk mengunggah resep sebelum melakukan pembelian.
Anda dapat mengecek status pengiriman pesanan Anda dengan mengakses menu Aktivitas di bagian bawah halaman beranda, lalu klik tab Mal Kesehatan untuk melihat semua status pembelian dan pengiriman pesanan.
Ya. Anda dapat membatalkan pesanan selama pihak apotek belum mengkonfirmasi pesanan. Namun, Anda tidak dapat menambahkan produk lain setelah melakukan pemesanan.
Health Mall dapat diakses di Good Doctor atau GrabHealth dengan mengakses menu Health Mall di bawah. Setelah mengakses Health Mall, Anda dapat mencari obat atau produk kesehatan lainnya berdasarkan nama produk atau gejalanya. Setelah Anda menemukan produk yang ingin Anda beli, klik Add to Cart dan atur jumlah yang ingin Anda beli. Anda dapat melanjutkan untuk membeli produk dengan memilih metode pembayaran atau menambahkan produk lain baik di toko kesehatan yang sama atau di toko berbeda.
Pembayaran dan Asuransi
Tidak. Mohon maaf, metode pembayaran tunai (COD) belum tersedia untuk layanan pengantaran obat.
Jika perusahaan atau perusahaan asuransi Anda adalah mitra Good Doctor, sebagian besar konsultasi dan resep Anda akan sepenuhnya dilakukan tanpa uang tunai dan hanya dipotong dari tunjangan Anda.
Anda juga dapat membayar langsung layanan di aplikasi Good Doctor atau GrabHealth. Kami menerima semua metode pembayaran utama termasuk::
OVO, Transfer Akun Virtual, transfer bank kartu kredit. Sederhana dan aman.
Anda bisa berkonsultasi dan menebus pengobatan dengan biaya yang ditanggung oleh asuransi Anda, Anda bisa Klik Disini untuk petunjuknya atau ikuti langkah-langkah berikut:
- Buka Aplikasi Good Doctor, Pilih Chat with GP untuk Dokter Umum atau Choose Specialist untuk Dokter Spesialis.
- Silakan pilih dokter spesialis yang ingin Anda konsultasikan.
- Anda dapat memilih dokter yang tersedia pada kategori spesialis masing-masing.
Anda dapat melihat profil dan ulasan dokter. Silakan klik Select Doctor untuk melanjutkan. - Pilih Myself untuk konsultasi mandiri atau Someone Else atau berkonsultasi atas nama orang lain. Lanjutkan dengan memilih Benefit category dan klik Use.
- Pilih manfaat asuransi yang ingin Anda gunakan, lalu klik Confirm.
- Untuk menentukan apakah asuransi Anda dapat digunakan sesuai dengan manfaat yang ditawarkan, klik Check Eligibility.
- Setelah asuransi dikonfirmasi, untuk melanjutkan konsultasi, klik Continue to Consultation.
- Pastikan alamat pengiriman obat sudah benar, lalu komunikasikan gejala dan masalah kesehatan Anda.
- Konsultasikan kesehatan Anda dengan dokter. Jika diperlukan, Anda juga dapat melampirkan foto. Setelah konsultasi selesai, klik End Chat.
- Jika Anda menerima resep, lanjutkan dengan mengklik Check Out.
Silakan berikan rating berdasarkan pengalaman Anda selama konsultasi, lalu klik Submit Feedback. Terima kasih sudah memberi rating dokter. Semoga Anda cepat sembuh.
Privasi Data
Kami menjaga privasi data Anda dengan sangat serius, dan sesuai dengan kebijakan kami hanya dokter pilihan Anda dan Anda yang dapat melihat informasi kesehatan pribadi Anda, untuk menghindari keraguan, informasi kesehatan pribadi yang kami kumpulkan adalah informasi yang berkaitan dengan kesehatan Anda dan tidak dianggap sebagai catatan medis, sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi kami. Seluruh prosedur dan protokol keamanan selaras dengan peraturan perlindungan data konsumen dan pasien yang diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia.
Dukungan dan Bantuan
Layanan Pengiriman
Saat ini pengiriman obat & produk kesehatan di Good Doctor didukung dengan pengiriman instan melalui Grab Express yang dapat mengantarkan pesanan Anda dalam waktu 1 jam. Kami memastikan pesanan Anda terkirim dengan aman dan cepat ke depan pintu Anda.
Ya. Pesanan pengobatan Anda dilindungi oleh asuransi.
Merchant
Penjual wajib memberikan harga yang sesuai dengan deskripsi, gambar, satuan jual, dan/atau informasi lainnya yang telah ditetapkan oleh Platform Good Doctor (GDT).
Good Doctor melalui Tim Farmasi akan memeriksa kesesuaian setiap produk sediaan farmasi (obat, obat tradisional, suplemen kesehatan, dan kosmetika) sebelum ditayangkan di Platform GDT. Pemeriksaan ini mencakup deskripsi, foto, harga, satuan jual, dan penamaan obat.
Selain itu, Penjual wajib memastikan bahwa penjualan dan penayangan produk sediaan farmasi mengikuti ketentuan peraturan perundang-undangan dan/atau ketentuan perizinan yang diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia.
Penjual wajib mengikuti peraturan perundang-undangan Indonesia terkait penetapan harga dan dilarang memanipulasi harga produk. Jika ditemukan harga yang tidak wajar, Good Doctor berhak menurunkan produk, memoderasi toko, atau menutup toko.
Konten deskripsi produk non-sediaan farmasi harus mengikuti ketentuan pemerintah dan tidak boleh mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan, vulgar, ancaman, atau iklan/promosi ke platform lain di luar Good Doctor.
Penjualan dan penayangan produk sediaan farmasi (obat, bahan obat, obat tradisional, suplemen kesehatan, dan kosmetika) harus mematuhi peraturan dan perizinan yang berlaku di Indonesia.
Good Doctor berhak memonitor konten produk sediaan farmasi secara rutin dan sepenuhnya.
Jika ditemukan produk yang melanggar peraturan perundang-undangan atau ketentuan Good Doctor, produk tersebut akan diturunkan dari tayangan dan tidak dapat dijual melalui Platform GDT.
https://drive.google.com/file/d/17TlZggKHeKMHGP9pHoXlrJ4o4b9WAT2j/view
Penjual berhak (namun tidak berkewajiban) memproses atau membatalkan pesanan tanpa konfirmasi atau pemberitahuan kepada Pelanggan.
Penjual setuju bahwa produk yang dikirimkan kepada Pelanggan:
– Tidak melewati masa kadaluarsa (expiry date).
– Menggunakan harga yang sesuai.
– Terjamin keasliannya (termasuk sediaan farmasi).
– Sesuai dengan tayangan produk.
– Tidak mengurangi jumlah produk seperti yang tercantum pada halaman detail pesanan.
Jika terjadi pelanggaran, Good Doctor tidak bertanggung jawab atas penyelesaian masalah dan hanya akan memediasi antara Penjual dan Pelanggan.
Penjual tidak boleh memasukkan struk transaksi ke dalam paket. Penjual harus memastikan pengiriman tepat waktu dan menghindari pembatalan yang sering, karena dapat merusak pengalaman Pelanggan dan reputasi Good Doctor. Good Doctor berhak menonaktifkan sementara apotek yang sering membatalkan pesanan hingga alasan konkrit diberikan.
Good Doctor akan membayarkan transaksi kepada Penjual dengan ketentuan sebagai berikut:
a. Untuk transaksi instant maupun regular delivery, pembayaran akan dilakukan oleh Good Doctor H+9 atau maksimal H+14 hari kalender setelah transaksi berhasil.
b. Jika jadwal pembayaran jatuh pada hari libur, maka pembayaran akan dilakukan pada hari kerja berikutnya.
Transaksi yang dibayarkan oleh Good Doctor adalah transaksi dengan status ‘Order Completed’. Jika ada transaksi yang statusnya tidak sesuai, Penjual berhak menghubungi Good Doctor untuk investigasi lebih lanjut.
Penjual setuju untuk tunduk pada semua pajak, bea, ongkos, dan biaya yang berlaku sesuai peraturan perundang-undangan di Indonesia. Penjual harus mematuhi semua ketentuan yang berlaku dan mengambil langkah yang diperlukan untuk membantu Good Doctor dalam mengklaim atau memverifikasi kredit pajak masukan, set off, rabat, atau pengembalian dana terkait pajak yang dibayarkan.
Penjual bertanggung jawab untuk membayar pajak dan kontribusi sesuai peraturan yang berlaku di Indonesia terkait jumlah yang harus dibayarkan kepada Penjual berdasarkan perjanjian ini.
Penjual perlu memperhatikan hal-hal berikut untuk produk konsumsi:
– Tanggal kadaluwarsa atau “dikonsumsi sebelum” harus diberi label dengan jelas.
– Semua produk terkait harus dikemas atau disegel sehingga Pelanggan dapat mengidentifikasi bukti kerusakan atau cacat.
– Tuliskan dengan jelas dalam deskripsi produk langkah-langkah yang akan diambil Penjual untuk memastikan bahwa produk telah dikemas dengan benar.
Penjual dilarang menjual produk berupa kosmetik, obat bius, atau obat yang tidak memiliki izin edar dari BPOM dan produk-produk lainnya yang dilarang berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan di Indonesia.
Penjual juga dilarang menjual produk yang tidak memenuhi standar, seperti foto produk yang tidak jelas, terpotong, atau terlalu banyak watermark yang menutupi foto produk, serta tidak menampilkan detail produk yang jelas.
Khusus untuk produk sediaan farmasi, berdasarkan peraturan PSEF, Penjual dilarang menjual produk yang termasuk dalam kategori narkotika, psikotropika prekursor (produk reddots), obat-obatan tertentu (OOT), disfungsi ereksi, injeksi dan penggugur kandungan, sediaan injeksi selain insulin untuk penggunaan sendiri, dan obat bentuk sediaan implant yang penggunanya memerlukan bantuan tenaga kesehatan.
Penjual wajib menjamin bahwa produk yang disediakan, disiapkan, dan dijual kepada Pelanggan adalah dalam kualitas yang baik dan aman untuk dikonsumsi serta diperoleh dari jalur yang benar berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
Penjual harus melengkapi dokumen-dokumen berikut:
a. KTP Pemilik / Penanggung Jawab
b. NPWP Pribadi / Badan Usaha
c. Akta Pendirian beserta SK Kemenkumham
d. Nomor Surat Izin Usaha yang sesuai dengan kategori toko atau merchant dan masih berlaku
e. Surat izin usaha yang dilampirkan:
– Untuk Penjual Penyelenggara Apotek: SIA (Surat Ijin Apotek) & SIPA (Surat Ijin Praktik Apoteker)
– Untuk Penjual Penyelenggara Penyalur Alat Kesehatan: Surat Izin Penyalur Alat Kesehatan
– Untuk Penjual Penyelenggara Toko Obat: Surat Izin Toko Obat
– Untuk Penjual Penyelenggara Klinik Kecantikan: Surat Izin Operasional Klinik Kecantikan
– Untuk Penjual Penyelenggara Optik: Surat Izin Penyelenggaraan Optikal
– Untuk Penjual Pedagang Eceran Lainnya: Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP) / Nomor Induk Berusaha (NIB), dan/atau izin lainnya.
Penjual harus menjaga kerahasiaan semua informasi dan data yang berkaitan dengan Good Doctor, layanan, produk, bisnis, pemasaran, promosi, atau operasi lainnya yang diungkapkan oleh atau atas nama Good Doctor.
Penjual hanya boleh menggunakan informasi rahasia tersebut untuk menggunakan Layanan, dan tidak boleh mengungkapkannya kepada pihak ketiga atau menggunakannya untuk tujuan lain tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Good Doctor.
Penjual Good Doctor wajib memastikan bahwa mereka mematuhi semua perizinan yang diperlukan oleh peraturan yang berlaku di Indonesia untuk menjalankan usaha mereka.
Penjual bertanggung jawab atas risiko kegagalan dalam memperoleh lisensi yang relevan, dan melepaskan Good Doctor dari segala klaim atau tuntutan hukum terkait dengan kegagalan ini.