Share This Article
Hampir seluruh masyarakat Indonesia sudah terdaftar sebagai anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Semakin berkembangnya dunia teknologi ternyata membuat BPJS Kesehatan kini menyediakan versi mobile agar lebih mudah diakses.
Apa itu BPJS Kesehatan?
BPJS adalah sebuah lembaga khusus untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan serta ketenagakerjaan bagi masyarakat Indonesia, PNS (Pegawai Negeri Sipil), serta pegawai swasta.
BPJS Kesehatan dijalankan berdasarkan prinsip asuransi sosial dan ekuitas dan menjamin para pesertanya dapat memperoleh pemeliharaan serta perlindungan dalam memenuhi kebutuhan dasar kesehatan.
Selain itu, BPJS juga memiliki beberapa tugas yaitu:
- Melakukan dan menerima pendaftaran dari peserta
- Memungut dan mengumpulkan iuran dari peserta
- Menerima bantuan iuran dari Pemerintah
- Mengelola Dana Jaminan Sosial untuk bisa memenuhi kepentingan peserta
- Mengumpulkan dan mengelola data peserta yang terdaftar di dalam program jaminan sosial
- Membiayai pelayanan kesehatan sesuai dengan ketentuan program jaminan sosial
- Terakhir memberikan informasi mengenai penyelenggaraan program jaminan sosial kepada peserta dan masyarakat.
Seperti yang kita tahu, bahwa sebelumnya layanan BPJS hanya bisa dilakukan melalui offline dengan datang langsung ke kantor cabang, telepon atau melalui website.
Namun dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat, layanan BPJS Kesehatan kini bisa diakses melalui mobile. Tentu ini akan sangat memudahkan para peserta untuk melakukan kepentingan mereka secara online.
Demi meningkatkan pelayanan bagi para peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), pihak BPJS Kesehatan telah meluncurkan aplikasi Mobile JKN.
Tentang aplikasi Mobile JKN
Sebelum masuk pada pembahasan inti, perlu kamu ketahui dulu bahwa adanya pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) ini untuk memberikan perlindungan kesehatan dalam bentuk pemeliharaan demi memenuhi kebutuhan dasar kepada setiap orang yang telah membayar iuran atau iurannya dibayar oleh pemerintah.
Kemudian, demi bisa memberikan layanan terbaik untuk para peserta dan masyarakat kini telah hadir Aplikasi Mobile JKN sebagai bentuk transformasi digital BPJS Kesehatan.
Sehingga dapat digunakan oleh peserta di mana saja dan kapanpun. Diketahui bahwa, sampai dengan saat ini tercatat pengguna Aplikasi Mobile JKN versi Android sebanyak lebih dari 1.000.000 user dan versi iOS sebanyak lebih dari 2.000 user.
Cara menggunakan aplikasi Mobile JKN
Bagi kamu yang ingin mulai beralih menggunakan aplikasi Mobile JKN bisa melakukannya sendiri dengan mudah karena syaratnya yang tidak terlalu rumit.
Berikut ini beberapa cara menggunakan aplikasi Mobile JKN
1. Download atau unduh aplikasi Mobile JKN
Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi melalui Google Play Store dan Apple Store. Aplikasi ini sebaiknya digunakan pada smartphone dengan sistem android versi 4.0 ke atas dan sistem iOS 10.
2. Lakukan registrasi
Apabila, telah berhasil diunduh ke smartphone milikmu maka cara selanjutnya peserta harus melakukan registrasi pada menu yang tersedia di aplikasi Mobile JKN. Pilih menu registrasi, kemudian isi setiap kolom yang tersedia sesuai dengan data. Pastikan juga kamu memiliki satu surel atau email aktif.
Pengisian email aktif tersebut karena nanti setelah berhasil registrasi sistem secara otomatis mengirimkan nomor verifikasi.
3. Proses verifikasi
Setelah menerima nomor verifikasi yang diterima melalui email, kamu harus memasukkan nomor tersebut pada aplikasi. Nantinya, akan muncul keterangan apakah berhasil atau tidak dalam melakukan verifikasi.
Apabila keterangan yang ditampilkan menunjukkan tidak berhasil, maka peserta bisa meminta atau request ke aplikasi untuk mengirim kembali nomor verifikasi.
Namun, jika berhasil berarti kamu hanya perlu mengisi alamat email atau nomor kartu BPJS Kesehatan beserta kata sandi setiap kali masuk ke aplikasi.
Menu dan fitur yang ada di dalam aplikasi Mobile JKN
Apabila telah berhasil masuk ke aplikasi Mobile JKN, kamu sudah bisa menggunakan seluruh fitur di dalamnya. Terdapat 4 menu utama dalam aplikasi, yaitu:
1. Menu Peserta
Pada menu peserta ini terdapat beberapa fitur yang bisa kamu gunakan seperti:
- Fitur Peserta, untuk menjelaskan tentang data kepesertaan.
- Fitur Kartu Peserta, untuk menampilkan gambar kartu peserta JKN-KIS.
- Terdapat Fitur Ubah Data Peserta, untuk melihat dan melakukan pengubahan data.
- Fitur Pendaftaran Peserta, untuk kamu yang ingin mendaftarkan peserta baru.
2. Menu Tagihan
- Fitur Premi, untuk peserta kategori peserta mandiri saja. Memaparkan tagihan iuran JKN-KIS yang harus dibayar.
- Fitur Catatan Pembayaran, untuk melihat berapa jumlah pembayaran premi dan denda.
- Fitur Pembayaran, untuk memilih fitur pembayaran.
- Lalu, Fitur Cek VA (virtual account), untuk mengetahui nomor VA.
3. Menu Pelayanan
- Terdapat Fitur Riwayat Pelayanan, untuk mengetahui catatan pelayanan kesehatan yang telah diterima oleh peserta JKN-KIS baik di FKTP maupun FKRTL.
- Fitur Pendaftaran Pelayanan, untuk mendaftarkan diri apabila ingin mendapatkan pelayanan kesehatan.
- Fitur Skrining, untuk mendeteksi gejala penyakit kronis dan mengetahui potensi resiko kesehatan peserta dengan menjawab 47 pertanyaan yang ada.
4. Menu Umum, yang terdiri dari :
- Info JKN, tentang bagaimana cara pendaftaran dan apa saja hak serta kewajiban peserta.
- Fitur Lokasi, membantu peserta mencari faskes yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.
- Fitur Pengaduan Keluhan.
- Pengaturan, untuk menghapus notifikasi, mengubah kata sandi dan keluar dari aplikasi.
Konsultasi lengkap seputar COVID-19 di Klinik Lawan COVID-19 dengan mitra dokter kami. Yuk, klik link ini untuk download aplikasi Good Doctor!