Share This Article
Memanfaatkan pelayanan rawat jalan kini bukan perkara sulit dan melelahkan lagi. Saat ini, Anda hanya perlu membuka aplikasi telemedicine di gawai, kemudian langsung melakukan konsultasi online dengan dokter.
Terlihat jelas bahwa layanan telemedicine sangat bermanfaat untuk menghemat waktu dan tenaga. Hal inilah yang menjadi salah satu keutamaan telemedicine di mata masyarakat, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan rutin, seperti karyawan perusahaan.
Dampak Telemedicine pada Pelayanan Rawat Jalan bagi Karyawan
Ada banyak dampak positif telemedicine terhadap pelayanan rawat jalan bagi karyawan. Keberadaan telemedicine jelas membuat pelayanan kesehatan terasa lebih efektif dan efisien. Tak heran, banyak karyawan yang meminta perusahan memasukkan layanan telemedicine dalam paket manfaat asuransi mereka.
Berikut berbagai dampak positif telemedicine yang bisa dirasakan karyawan. Simak penjelasannya di bawah ini.
1. Hemat waktu dan tenaga
Dampak positif paling utama yang akan dirasakan karyawan dalam memanfaatkan telemedicine adalah hemat waktu dan tenaga. Dengan layanan dokter online, karyawan tidak perlu mengeluarkan uang untuk bensin ataupun ongkos.
Tak hanya itu, karyawan juga tak perlu meluangkan banyak waktu hanya untuk mengantre di rumah sakit. Karyawan juga tak usah mengambil jatah cuti yang bisa digunakan untuk kepentingan penting lainnya.
2. Terhindar dari penyakit infeksi
Layanan telemedicine berarti mencegah karyawan pergi ke rumah sakit untuk konsultasi dengan dokter maupun membeli obat. Ini artinya, karyawan dapat terhindar dari berbagai kemungkinan buruk tertular penyakit menular atau infeksi.
Seperti diketahui, rumah sakit merupakan tempat yang dipenuhi oleh orang sakit. Jika daya tahan tubuh sedang tidak prima, seseorang bisa dengan mudah tertular penyakit yang dibawa oleh orang lain.
3. Produktivitas karyawan tetap terjaga
Telemedicine memungkinkan karyawan tetap melakukan pekerjaannya meski ingin melakukan konsultasi dengan dokter. Ini tentu saja berbeda dengan layanan rawat jalan di rumah sakit yang menyita banyak waktu hingga menghambat produktivitas.
Karyawan yang produktif merupakan dambaan setiap pemimpin perusahaan. Dengan kinerja yang tetap prima, karyawan dapat tetap mencurahkan kontribusi terbaiknya untuk perusahaan.
4. Pemeriksaan lebih menyeluruh
Layanan telemedicine juga dapat memberikan dampak positif berupa pemeriksaan yang menyeluruh terhadap kesehatan Anda. Ini karena telemedicine memungkinkan tatap wajah melalui video call, di lingkungan sehari-hari Anda.
Dengan melihat lingkungan rumah atau kantor Anda, dokter bisa memperkirakan kebiasaan dan kegiatan apa yang Anda lakukan. Dengan begitu, dokter mungkin akan memberikan diagnosis penyakit dan penanganan yang lebih tepat.
5. Hemat biaya
Selain yang telah disebutkan, ada satu lagi dampak positif telemedicine bagi layanan rawat jalan karyawan, yaitu hemat biaya. Jika memanfaatkan layanan rawat jalan di rumah sakit bisa menghabiskan hingga Rp 500 ribu, telemedicine hanya akan membuat Anda mengeluarkan biaya setengahnya.
Itulah tadi beberapa dampak positif telemedicine yang bisa dirasakan karyawan, jika dibandingkan dengan layanan rawat jalan di rumah sakit. Tak heran, kini banyak karyawan yang meminta perusahaan untuk memasukkan layanan telemedicine ke dalam paket manfaat asuransi.
Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!